Bingung mau nulis apa, berhubung saya sering
berkecimpung di dunia permotoran, saya cuman mau ngeshare aja nih tentang
macem-macem modifikasi motor yang ada di Indonesia. Modifikasi motor? apa sih
maksudnya modifikasi motor ? Modifikasi motor yaitu merubah dari satu atau
bagian seluruh parts motor dari keadaan standar. Me-modifikasi motor dilakukan
oleh seseorang untuk memperindah penampilan motor, menambah performa motor,
ataupun sebagai penanda sebuah identitas dari sebuah motor. (biar beda daripada
yg lain gituu) :D
okelah, jadi kearah mana sih arah
modifikasi motor yg kita punya? yuk simak foto2 dibawah ini
1. Vintage
berusaha mempertahankan unsur originalitas
kendaraan alias tampil standar pabrik. Meskipun terdengar simple tetapi aliran
ini menghabiskan uang yang jumlahnya tidak sedikit karena harga parts-parts
orisinil tersebut sangat mahal karena sudah langka di pasaran.
2. Retro
Motor dibentuk klasik tapi gak terlalu original.
Yang penting motor tidak kelihatan modern.Biasanya dengan penambahan part
modern seperti cakram lebar
3. Thai Look Style
Biasanya mengunakan motor matic. Ciri2nya
terdapat pada bagian kaki-kaki terutama pada pelek dan ban dengan ukuran
16-17inci. mengingat matic di Indo kebanyakan menggunakan velg 14 inch.
4. Low Rider
Istilah lowrider diambil karena bentuk
modif motornya yang rendah. Bahkan sampai mesin motornya hampir mencium tanah.
Banyak juga yang suka rela memotong rangka motor dan shockbreaker, dan
meniadakan tanki bensin dan menggantinya dengan botol minuman.
5. Tracker
Desain tangki bahan bakar biasanya
flat,desain buntut meruncing.
6. Speedway
7. Jap Style
Ciri khasnya, bergaya ol skool setang
telanjang, lampu bulat, jok pendek Dimensi rangka yang pendek, tangki kecil,
serta jarak antara ban depan dan belakang lebih panjang dari rangka dan detail
manik imut. Kadang mereka cuek menyasar beket penangga mesin atau total
memanjangkan rangka. Akibatnya ground clearance motor juga makin turun.
8. Cafe Racer
Aliran cafe racer punya ciri khas yang
sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit biar badan bisa nunduk
abis waktu lagi nggeber motor. Selain itu, tanki motor dibuat ramping n
memanjang biar lebih enak dijepit paha.Ciri khas lain adalah jok yang rendah
dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut
tawon.
9. Chopper
Kaum ini mencari mesin dan
mengkombinasikannya dengan sasis buatan sendiri ato memotong peranti termasuk
sasis hingga bobotnya berkurang
10. Bobber
Aliran ini tetap membiarkan sasis standar
tapi memotong spatbor dan piranti yang dianggap tidak perlu dalam aliran ini.
Untuk aksentuasi; bobberis menerapkan pakem memilih roda depan dan belakang
gendut.
11. Supermoto
aliran supermoto tetap bernuansa Trail,
tapi kaki-kaki dan ban tidak menggunakan ban kembang tahu.
12. Trail
Penganut modif jenis ini, harus merubah
total penampilan motornya. Maka menu wajib seperti handguard, stang tinggi ala
trail, knalpot undertail, ban tahu, engine guard ditambah koprekan mesin yang
kuat terutama torsinya
13. Trial
14. Enduro
14. Streetfighter
motor harus menampilkan sisi macho bin
muscle. ciri ubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang
hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor,
15. Sport Full Fairing
Pada segmen ini, tampilan full fairing yang
mengadopsi sosok motor besar tunggangan para pembalap MotoGP.
16. Touring
adalah modifikasi dengan memanfaatkan motor
yang standar pabrik plus dengan penambahan part pendukung seperti box utilities
dan part pendukung seperti ban tubeless supaya tidak repot ketika ban terkena
paku serta safety gear yang mumpuni seperti membesarkan diameter cakram depan,
mengganti selang rem depan dengan kabel rem keluaran racing agar lebih
mencengkram saat melakukan rem, menambahkan handguard atau pengaman tangan
ketika terjadi benturan, memasang engine bar atau besi pelindung mesin dan body
ketika motor tidak sengaja terjatuh, memakai tank bag untuk menaruh peta, air
minum, kamera ataupun peralatan lain yang sering di gunakan. optional lainnya
adalah bisa memakai setang lebar.
17. Trike
18. Drag Style
Beberapa ubahan yang di modif, lebih
mengarah ke arah tenaga yang besar untuk dapat lari sekencang-kencangnya.
19. Rat Bike
Golongan paling unik tapi punya penggemar
bejibun. Motor bagi mereka sama dengan album kehidupan. Hasilnya, seluruh
barang yang pernah bersinggungan dengan mereka, menempel di motor.
Dan untuk biaya memodifikasi motor dimulai
dari 0%-100% sekitar 1 -80 jt tergantung
dari ukuran dan fitur yang dimodifikasi. Dan adapula yang gratis tinggal pasang
apa aja seperti aliran Rat Bike. Dan sekarang tergantung selera masing-masing
aja motornya mau dimodif seperti apa.
Yang penting tetap safety riding n smart
bikers oke..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar